Bahaya munculnya benjolan pada payudara ~ Apalagi jika benjolan tersebut muncul pada seorang wanita. Namun, munculnya benjolan pada payudara tidak semuanya karena kanker! Mari kita simak artikel dibawah ini untuk informasi selengkapnya.

Munculnya benjolan pada payudara wanita

Benjolan yang muncul pada payudara bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena tumor, fibroadenoma, fibroadenosis, kista, papiloma intraduktal, lemak nekrosis traumatik, infeksi bakteri atau bahkan kanker dan mari kita bahas satu persatu. Karena benjolan di payudara bisa memiliki ciri seperti dibawah ini:

  • Kista yang berisi cairan.
  • Terasa nyeri pada benjolan.
  • Dapat mengubah bentuk & ukuran payudara jika ukurannya besar.
  • Apabila berkembang pada jaringan susu dapat menyebabkan keluranya cairan dari puting.

Macam-macam penyebab munculnya benjolan pada payudara wanita

1. Tumor jinak

Terjadi saat sel-sel pada payudara berkembang secara tidak normal dan cepat, akan tetapi tidak mengarah pada kanker.

2. Fibroadenoma

Merupakan tumor jinak pada payudara yang memiliki gejala, tidak terasa nyeri dan saat disentuh terasa padat, bulat, kenyal dan dapat bergeser. Penyakit ini biasanya dialami oleh usia 20-30 tahun akibat kelenjar susu yang berlebihan dan dapat membesar apalagi saat hamil. Banyak dialami oleh wanita pasca dan sudah menopause, bermasalah dengan hormon! penyakit ini jika tidak bisa dihilangkan, bisa dilakukan jalan operasi.

3. Fibroadenosis atau perubahan fibrosistik

Biasanya terjadi akibat perubahan hormon saat menstruasi pada usia 30-35 tahun, gejala yang dialami pun berbeda-beda. Dan biasanya mengalami:

  • Munculnya benjolan 1 atau pada kedua payudara yang bertambah besar dan mengeras.
  • Benjolan terasa keras atau lunak dan terdiri dari satu/ beberapa benjolan.
  • Kadang keluar cairan dari puting.
  • Ukuran payudara berubah.
  • Nyeri pada payudara.

4. Kista

Benjolan yang berisi cairan, bisa terjadi pada satu atau dua payudara dengan ukuran yang berbeda dan sesuai dengan siklus mentruasi. Menyebabkan sakit juga tidak nyaman dan biasanya dilakukan operasi dan akan mengempis setelah cairan dikeluarkan, masalah hormon dan wanita usia 30-60 tahun bisa mengalaminya.

5. Papiloma intraduktal

Umumnya terjadi saat usia 45-50 tahun dengan benjolan kecil yang serupa dengan kutil pada dinding susu dekat puting, pada beberapa kasus menyebabkan pendarahan dan dapat dihilangkan dengan cara operasi.

6. Lemak necrosis traumatik

Biasanya tidak menyebabkan nyeri dan bisa terjadi karena cedera dan kondisi ini memerlukan penanganan khusus.

7. Infeksi bakteri

Mastitis juga dapat menyebabkan nyeri dan sering terjadi pada ibu menyusui akibat dari infeksi bakteri dari permukaan kulit atau dari mulut bayi yang masuk ke saluran susu melalui puting. Selain itu karena saat menyusui belum tuntas, sehingga susu kembali lagi ke saluran yang mengakibatkan infeksi, benjolan, terasa seperti terbakar dan demam.

8. Kanker

Sel kanker dapat berkembang lebih cepat karena sel pada payudara tumbuh tidak nromal dan menyebabkan benjolan. Gejalanya yaitu: benjolan keras, tidak sakit dan tidak bergeser, berubahnya ukuran dan bentuk payudara, puting susu tertarik kedalam, mengeluarkan cairan dan berdarah, muncul bintik merah sekitar susu (eksim), hanya ada 1 benjolan, payudara bengkak, memerah dan terjadi penebalan kulit. Adapun gejala lanjut dari kanker payudara yaitu:

  • Nyeri tulang, mual, hilang nafsu makan, BB turun, penyakit kuning, efusi pleura, sesak napas, sakit kepala hebat, batuk, penglihatan ganda dan lemahnya otot.

Anda perlu waspada dan harus segera pergi ke dokter apabila mengalami gejala seperti dibawah ini.

  • Benjolan atau penebalan pada payudara setelah masa haid dan tidak bisa bergeser saat disentuh.
  • Payudara terlihat berbeda dan terdapat area jelas.
  • Perubahan warna kulit menjadi kemerahan, cekung, berkerut, bersisik itu tanda peradangan.
  • Ketiak dan payudara sakit terus-menerus.
  • Berubahnya bentuk, ukuran dan kontur pada payudara.

Itulah beberapa ulasan mengenai benjolan dan penyebabnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Salam sehat~

Baca juga : air putih untuk mengeluarkan krital dalam sendi penderita asam urat

By : infogamat.com

Bahaya munculnya benjolan pada payudara