5 Pantangan Penderita Hipertensi yang Harus Anda Ketahui~ Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan beberapa resiko penyakit lain seperti serangan jantung, stroke dan gangguan pada pembuluh darah. Tekanan darah tinggi sering menyebabkan penyakit komplikasi yang beresiko lebih berat.

Tekanan darah selalu naik

Tekanan darah adalah sebuah kondisi dimana ketika jantung berdetak dan memompa darah ke seluruh bagian tubuh maka sebagian darah akan mendorong pembuluh darah. Dorongan yang terjadi pada pembuluh darah inilah yang disebut dengan tekanan darah, tekanan darah tinggi bisa lebih tinggi dari angka tersebut misalnya 150/100. Beberapa gejala atau kondisi yang mengawali darah tinggi adalah seperti rasa sakit kepala yang hebat, bahu yang berat, tidak memiliki semangat, selalu ingin tidur dan emosi yang tinggi. Semua gejala awal ini bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi setiap penderita.

PENYEBAB SESEORANG TERKENA HIPERTENSI (Tekanan Darah Tinggi)

1. Gaya Hidup
Salah satu penyebab utama yang paling sering ditemukan adalah pola atau gaya hidup yang kurang sehat. Beberapa kebiasaan yang memicu tekanan darah tinggi adalah seperti kebiasaan makan asin, konsumsi serat yang kurang, kurang olahraga, kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kebiasaan buruk ini jika sering di lakukan dalam waktu lama bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

2. Faktor Usia
Di Indonesia orang yang menderita tekanan darah tinggi biasanya termasuk dalam golongan usia tua. Hal ini sebenarnya disebabkan karena semakin bertambahnya usia dan terus melakukan kebiasaan yang tidak sehat maka merusak sistem tekanan darah. Akibatnya maka tekanan darah tinggi akan muncul saat sudah tua.

3. Faktor Riwayat Keluarga
Banyak kasus yang paling sering ditemukan adalah riwayat penyakit tekanan darah tinggi dalam keluarga. Jika salah satu orang tua menderita tekanan darah tinggi maka anggota keluarga juga memiliki potensi yang sama.

4. Faktor Penyakit
Selain penyakit tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit komplikasi, maka beberapa jenis penyakit juga bisa memicu tekanan darah tinggi. penderita penyakit gagal ginjal, diabetes, tinggi kolesterol juga memiliki resiko tekanan darah tinggi yang lebih besar.

Apa pantangan seorang penderita tekanan darah tinggi?

1. Jangan Konsumsi Makanan Asin
Mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan banyak garam adalah pantangan yang sangat utama bagi penderita tekanan darah tinggi. menambahkan garam secara langsung ke berbagai jenis masakan juga sangat dilarang. Makanan untuk penderita tekanan darah tinggi harus minimal garam dan jika perlu gunakan garam khusus. Garam dapat merusak pembuluh darah dan arteri dalam jantung sehingga bisa meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh
Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak pada daging sapi, domba dan minyak sawit sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. asupan lemak trans atau jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan resiko kegemukan yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Selain itu penderita darah tinggi juga sangat dilarang untuk konsumsi makanan yang digoreng karena bisa meningkatkan resiko serangan jantung. (makanan untuk penderita hipertensi)

3. Daging Berlemak
Daging berlemak segar seperti daging sapi dan daging domba sangat dilarang untuk penderita darah tinggi. Daging merah yang mengandung lemak juga bisa mengandung berbagai jenis racun yang bisa meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang sangat cepat.

4. Makanan Manis / Gula
Gula atau semua jenis makanan yang manis sebenarnya juga dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan berat badan. Jika konsumsi gula atau makanan manis berlebihan maka bisa meningkatkan resiko penyumbatan pada pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

5. Makanan Olahan / Makanan Cepat Saji
Semua jenis makanan olahan atau makanan cepat saji sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. biasanya semua jenis makanan kemasan dan makanan cepat saji banyak mengandung garam dan berbagai bahan perasan tambahan lain. Hal ini juga bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.

6. Merokok

Rokok memang bukan termasuk dalam makanan atau minuman. Tapi kebanyakan penderita darah tinggi yang masih merokok akan meningkatkan resiko terkena penyakit lain yang lebih berbahaya seperti jantung, stroke dan penyakit lain. Kebiasaan merokok harus ditinggalkan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

7. Kebiasaan Minum Alkohol
Alkohol adalah salah satu pantangan besar bagi semua penderita tekanan darah tinggi. Alkohol juga berpotensi merusak dinding arteri sehingga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol bagi penderita tekanan darah tinggi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius.

Kopi

Kopi adalah minuman yang mengandung cafein dan dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. bahkan kebiasaan minum kopi yang terlalu sering juga akan menyebabkan kenaikan tekanan darah yang sangat cepat.

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk menghindari atau menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

  1. Menurunkan Berat Badan.
  2. Olahraga
  3. Konsumsi Makanan Berserat
  4. Kurangi Asupan Garam
  5. Hindari Alkohol
  6. Hindari Rokok
  7. Kurangi Kafein
  8. Hindari Stres
  9. Menikmati Hidup
  10. Periksa Tekanan Darah Teratur

Mengkontrol tekanan darah sehingga mendapatkan hidup yang lebih baik. Dengan mengetahui tekanan darah maka Anda bisa menjaga kondisi diri sendiri. LIHAT PENGOBATAN TRADISIONAL UNTUK HIPERTENSI => DISINI

Terimakasih sudah membaca sampai akhir dan semoga bermanfaat

Baca juga : obat darah tinggi untuk bumil

By : infogamat.com

5 Pantangan Penderita Hipertensi yang Harus Anda Ketahui